Jumat, 05 Desember 2008

Lelucon Wartawan di Wedding Anak Sri Sultan (1)

by Made Teddy Artiana, S. Kom
Photographer & Writer

Pemotretan wedding kali ini sangat istimewa. Pernikhan yang akan kami liput adalah pernikahan Gusti Nurkamnari Dewi, anak ketiga Ngarso Dalem (Sultan Hamengkubuwono X).Nurkamnari Dewi, memang istimewa. Ada beberapa hal yang membuat ia layak mendapatkan 'predikat' tersebut. Pertama, karena ia adalah anak dari orang nomor satu Jogja. Kedua, karena ia dikenal sangat merakyat. Ketiga, karena ukuran tubuhnya yang besar(gemuk), walaupun siapapun sepakat bahwa ia berwajah cantik..ehm...maaf ya Gusti :-)

Beberapa hari sebelum pemotretan aku mendapat kesempatan langka, bertandang kerumah orang nomor satu Jogja tersebut. Tebak apa yang kutemui...Sri Sultan tengah bercelana pendek bermain mobil-mobilan dengan cucu bersama istri tercinta (kanjeng Ratu Hemas) di teras belakang rumah. Bahkan setelah bercakap-cakap sekian lama..aku baru sadar bahwa beliau adalah Raja Jogja itu sendiri..weleh-weleh. Sungguh jauuuuuuuh dari bayanganku, tentang keangkeran seorang raja. Memang beliau-beliau adalah orang-orang yang mulia namun sederhana. Tak heran jika tidak hanya rakyat Jogja, melainkan begitu banyak orang di negeri ini mencintai beliau.

Banyak cerita lucu didalamnya..terutama ketika berbaur dengan rekan-rekan dari crew televisi dan majalah dari Jakarta. Ketatnya peraturan kadang membuat kami frustasi tapi apa boleh buat..jangankan kami..Sri Sultan pun ‘harus’ menaati peraturan-peraturan tersebut. Apalagi kami.. Tapi justru disana indahnya negara ini bukan ? Begitu banyak adat dan budaya yang unik didalamnya. Apakah ini beban ? Aku rasa tidak sama sekali. Inilah kekayaan Indonesia Raya.

Salah satu cerita lucu didalamnya adalah ketika prosesi gendongan. Dalam prosesi ini mempelai laki-laki (Mas Jun) harus menggendong mempelai wanita (Nurkamnari) yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari nya...didepan mertua dan khalayak undangan.(Waduh mohon maaf sekali lagi ya Gusti Dewi :-))

Nah khusus untuk prosesi tersebut didatangkanlah seorang ‘stutmant’ yang cukup kekar yang bertugas membantu Mas Jun melakukan prosesi tersebut. Tak urung membuat kami semua tersenyum-senyum geli, tidak terkecuali Ngarso Dalem (Sri Sultan), walau tampak mengikuti acara dengan hikmat namun semburat senyuman tampak jelas di wajah arief beliau.

Seorang crew TV Swasta didekatku dengan mimik serius sembari menggeleng-gelengkan kepala bergumam "Memang berat ya Mas Made, jadi mantu Raja…."Kontan aku dan beberapa teman-teman wartawan meledak oleh tawa...sebelum pelototan seorang pengawal keraton membuat kami terpaksa terdiam.

“Mbok jangan dibahas toh Mas…”, katanya sok berwibawa..tapi sekaligus menahan tawa (juga).



****Selamat berbahagia dan sukses selalu buat Mbak Dewi dan Mas Jun...
We All Love You Guys !!!

Pernikahan Nurkamnari Dewi dan Jun Prasetyo dapat disaksikan di
http://nurkamnaridewi.multiply.com/

salam hangat,
MTA - Made Teddy Artiana

Tidak ada komentar: